home

Senin, 21 Februari 2011

karena setiap anak memang berbeda

individu is uniq.
itulah salah satu slogan yang dijungjung tinggi di jurusan tempat saya kuliah. PPB.
memang benar setiap individu tidak ada yang sama. sekalipun dia kembar identik atau malah kembar siam.....
perbedaan yang timbul selain bersifat lahiriah pun bersifat kasat mata (pandangan, interpretasi, karakteristik, kepribadian dan kawan-kawannya).

begitu pun pada anak-anak kita (kita??), hehe
anak anda boleh lahir dari ibu dan ayah yang sama : anda dan suami anda atau anda dan istri anda. misal anaknya tiga. tapi itu bukan berarti mereka dapat diperlakukan secara sama oleh anda. karena ternyata mereka mempunyai perbedaan. nah lho??betul....mungkin saja si sulung lebih manja dan perasa dari pada si bungsu. oleh karena itu, perlu ada strategi mendidik yang tidak sama untuk kedua nya.

oke ketika berbicara dalam lingkup yang lebih luas lagi akan semakin terasa bahwa setiap individu atau anak-anak itu memang berbeda dan unik. saya ambil contoh dengan kegiatan saya mementoring anak-anak kecil yang mengharuskan saya banyak berhubungan dengan mereka.
dalam kelompok yang saya pegang terdiri sekitar tujuh orang anak dengan empat pemandu termasuk saya. Anak-anak tersebut tidaklah sama pendiamnya, tidak juga sama cerewetnya, tidak sama juga manja nya dan tidak sama juga penurutnya. punya degree masing-masing dalam tiap options. misal, yang satu sangat manja namun penurut dan satu lagi cerewet dan aktif. begitulah kelompok mentoring kami^^rame. saya mendampingi anak yang sangat pendiam sekali ketika bebicara dengan orang baru ; ketika dulu pertam kali betemu dia bahkan tidka menyebutkan namanya pada saya (saya dicuekin) namun ketika bertemu dengan ayahnya dia mau bicara. kalau tidak salah pada pertemuan pertama saya hanya mendapat satu kata dari mulut kecilnya : kuning. ketika saya tanya dia mau bintang (penghargaan dari tempat mentoring atas perbuatan baik adik yang dilakukan) warna apa, hehe
dia sangat berbanding terbalik dengan anak yang saya temui ketika magang mementor. ada gadis kecil berkulit putih menceracau gak jelas. ternyata dia ingin ditemani jalan-jalan di sekitar mesjid salman ITB bahkan anakkecil tersebut sampai menerangkan pada saya tentang ATM. oh wow...gadis kecil usia TK hari gini tahu atm, hehe. dia tidak canggung pada saya.

dua-dua nya adalah anak kecil....
namun tidak sama. sungguh tidak sama. mereka unik dan berbeda. itu berarti bisa dikatakan mereka akan punya potensi yang berbeda dalam menjalani hidupnya. mari apresiasi perbedaan mereka dengan memberikan fasilitas terbaik untuk anak-anak belajar^^

Tidak ada komentar: