home

Sabtu, 19 Februari 2011

sabar --""

apa yang ucapan termentok yang anda katakan pada sahabat anda yang curhat?
anda buntu tidak tahu harus bilang apa : sabar yah.....

apa ucapan tergak jelas yang anda dengar ketika anda hanya butuh di dengar
dan dipahami : sabar yah...

seolah-olah kata sabar adalah juruhttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=8559251486571986547s pamungkas yang akan membuat anda selamat dari beban curhatan orang dan seolah-olah kata terakhir yang bisa anda dengar dari pencarian solusi masalah anda. sabar seolah menjadi kambing hitam. bagaimana mungkin masalah besar yang anda hadapi bisa selesai begitu saja dengan sabar?
muak!!!

sebelum anda mengatakan anda muak, mari kita sama-sama pahami apa sebenarnya sabar itu?sampai-sampai menjadi power ranger dalam masalah yang anda hadapi. pantaskah sabar di ucapkan pada sahabat anda ketika anda buntu dengan masalahnya??pantaskah??

kesabaran adalah bukan semata-mata memiliki pengertian "nrimo", ketidak mampuan dan identik dengan ketertindasan. Sabar sesungguhnya memiliki dimensi yang lebih pada pengalahan hawa nafsu yang terdapat dalam jiwa insan. Sabar juga memiliki dimensi untuk merubah sebuah kondisi, baik yang bersifat pribadi maupun sosial, menuju perbaikan agar lebih baik dan baik lagi. Bahkan seseorang dikatakan dapat diakatakan tidak sabar, jika ia menerima kondisi buruk, pasrah dan menyerah begitu saja(Rikza Maulan, Lc. M.Ag.)

sabar bukan berarti statis tidak berbuat apa-apa, justru dalam kesabaran ada usaha yang dilakukan. Ibnul-Mubarak berkata dengan sanadnya dari Said bin Jubeir, “Sabar ialah pengakuan hamba kepada Allah atas apa yang menimpanya, mengharapkan ridha Allah semata dan pahala-Nya. Kadang-kadang seseorang bertahan dengan gigih dengan menguatkan diri, dan tidak terlihat dari dia kecuali kesabaran. dalam perbuatan sabar, ketika mendapat suatu ketidakberuntungan, dia menerima dengan berusaha mengubahnya menjadi hal baik. bukan berarti dia pasrah dengan apa-pun, tak ada usaha untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. itu bukan sabar.

mungkin ada kata-kata yang perlu kita tambah ketika kita mengucapkan tentang kesabaran


sabar ya teman, saya yakin kamu bisa melalui semua nya dengan kemampuan yang kamu miliki sekarang, bukankah Allah takkan memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya

apa-pun yang kamu hadapi sekarang, meski terasa sulit untuk kamu terima tapi ini adalah hal terbaik. Allah sayang pada mu, pada orang-orang yang sabar, orang-orang yang selalu memandang ada kebaikan dalam ketidakberuntungan...cayo^^

dan sebagainya, anda tentu lebih baik dalam merangkai kata.

so?Keselamatan bagi orang-orang yang bersabar^^


sumber :
http://www.eramuslim.com/syariah/tafsir-hadits/makna-sabar.htm
http://mimbarjumat.com/archives/1064

Tidak ada komentar: