home

Senin, 28 Februari 2011

Menunggu 'ilham'

begitulah banyak bercerita dengan sahabat-sahabat jadi banyak pengetahuan dan wawasan. begitupun dengan little note kali ini, meski judulnya rada vulgar gimana namun sebenarnya bukan menceritakan tentang ilham anak nya pak RT lho :p

ini tentang bagaimana menuangkan ide ke atas kertas
tentang bagaimana menuangkan warna ke atas kanvas
tentang bagaimana menjentikan jari pada keyboard agar terpampang di monitor : IDE^^

hari ini kami (saya, umi, jihan, mela, dan hesti)-teman satu kelompok BK prisos- berdenyit-denyit mengerjakan artikel ilmiah dalam waktu satu hari -karena seminggu yang lalu kami sibuk dengan urusan masing-masing sampai membengkalaikan tugas- [jangan di contoh]. sambil membuka-buka kertas dan web untuk bahan, kami bercerita tentang gaya "menunggu ilham" yang kami miliki. ada yang baru dapat ide kalau bekerja di bawah tekanan (dapet ide kalo mepet deadline) dan ada yang harus jauh-jauh hari ngerjainnya (kalo mepet ke deadline bikin jereng karena gak ada ide yang nyangkut). namun saya rumuskan tiga tipe menunggu 'ilham' yang dimiliki manusia, meski dari hasil diskusi hanya ada dua point di atas yang kami temui di lapangan. Ketiga tipe ini bisa diklasifikasikan entah berdasarkan faktor apa(belum ada penelitian), mungkin bisa berdasarkan faktor minat, bakat, pola pendidikan dan pengasuhan dsb lah...dan cekidot tipe-tipe tersebut :

1. Tipe anak slow tapi jadi->pelajar atau mahasiswa dengan tipe ini, biasanya secepat motor berkapasitas jet dalam mengerjakan tugas. begitu dapet tugas langsung embat. tangannya bakal gatel kalo menunda-nunda tugas.biasanya yang mereka rasakan adalah ide datang jauh-jauh hari sebelum pengumpulan tugas. oleh karena itu, ketika pengumpulan tugas bisa di pastikan keringatnya tidak akan terlihat saking tenang nya.
2. Tipe anak tengah-tengah->tampaknya ini lah orang yang ideal,,,tidak berlebih-lebihan dan tidak berkurang-kurangan (hehe). tipe ini ketika mendapat tugas, dia tidak menyambut sesumanget tipe pertama. namun ia tuliskan di note bahwa tanggal sekian dan jam sekian dia perlu mengerjakan tugas ini. ketika ada waktu luang setelah pemberian tugas, ia bisa saja pergi nonton dulu lalu setelah itu mengerjakan tugas. buat dia, ide bisa datang ketika kita ber-observasi terlebih dahulu dengan kegiatan-kegiatan lain, yang penting jangan gunakan sistem SKS, bisa-bisa tak ada ide atau kebanyakan ide sampai-sampai gak tau mau nulis apa. yang pasti motto hidup tipe kedua ini, "tugas tidak harus didewakan tapi juga jangan bikin adrenalin terpacu,seimbang saja^^"
3. Tipe anak deadline->pelajar atau mahasiswa dengan tipe ini adalah tipe yang sangat SUKRI (suka riweuh sendiri) ketika detik-detik menuju pengumpulan tugas. pembuatan cover dan daftar isi bisa dilakukan hanya dengan memakan waktu 3 detik saja (hahaha boong banget) dan parahnya adalah dia ini sebenarnya bukan tidak rajin dan tidak bisa mengatur waktu tapi biasanya ide-ide berloncatan di kepalanya setengah jam menuju pengumpulan tugas. SUNGGUH TRAGIS. ketika waktu luang dia akan cengo memikirkan tugas saking si ide susah menempel namun akan menjadi cemerlang dan semulus sajalan tol jika mepet waktu deadline. bila anda menemukan orang dengan jumlah keringat terbanyak di tempat fotocopyan dengan wajah antara gambaran orang bahagia dan putus nafas. bisa anda tebak, mungkin dia adalah tipe orang ketiga. hati-hati anda jangan banyak bertanya, bisa-bisa anda terkena tamparan dengan kecepatan ikan lumba-lumba :DD


begitulah tipe-tipe orang dalam mendapatkan ide nya,,,,menunggu ilham...untuk mengerjakan tugas, laporan, berita dan lain-lain. keunikan ini adalah karena pada dasarnya manusia berbeda dalam pola pemikiran dan pandangan. satu hal yang perlu anda ingat, tidak ada orang yang tak punya ide di dunia ini :)
that's all

Tidak ada komentar: