home

Jumat, 18 Februari 2011

Rindu Purnama

Film ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Rindu yang merupakan bagian dari anak-anak kecil pengamen. dia bersama adiknya, Akbar, tinggal di rumah singgah.
suatu hari, rindu bersama teman-temannya sedang mengais rupiah dengan mengamen di jalanan jakarta namun tiba-tiba ada aparat keamanan yang menertibkan pengamen-pengamen seperti mereka. terjadi lah kejar-kejaran antara rindu dkk vs aparat-aparat tersebut. mereka menerobos ke perumahan-perumahan kumuh di bawah fly overjakarta, memasuki gang-gang dan termasuk lari menyelamatkan diri ke rumah singgah. namun aparat tersebut tidak menyerah, mereka seolah kesetanan untuk menangkap anak-anak tersebut. rindu sambil membawa akbar adiknya pun berlari-lari. rindu menitipkan adiknya pda ibu-ibu dan dia terus lari hingga ke jalan besar dan tiba-tiba sebuah mobil menabraknya.
rindu pun dibawa ke rumah sakit oleh sopir pemilik mobil tersebut, sementara si pemilik mobil tanpa ba-bi-bu langsung pergi dengan taksi tanpa mengkhawatirkan rindu.
rindu pun di bawa oleh sopir ke rumah pemilik mobil tadi, Surya. Surya yang melihat rindu di rumahnya dengan tegas meminta rindu untuk tidak tinggal di rumahnya. Pak Pur, sopir, menjelaskan bahwa rindu mengalami gangguan ingatan. keesokannya pak pur berusaha untuk meninggalkan rindu di tempat kejadian tabrakan. namun beliau tak tega melihat rindu sendirian.
sementara itu, di rumah singgah Ibu Sarah (Pembimbing anak singgah) dan teman-teman rindu berusaha mencari rindu. akbar menangis meminta kakaknya pulang. pamflet yang berfotokan rindu disebar untuk mencari rindu. namun hasil tetap nihil.

di rumah Surya, Surya kesal dengan tingkah laku teman-teman rindu di kompleks rumahnya yang mengotori dan bermain-main di rumahnya. ia sendiri yang akhirnya memutuskan akan 'membuang' rindu. pak purnama memberi rindu sebuah nama yaitu Purnama. karena tidak ada yang tahu siapa nama asli gadis itu. sebelum  dibuang rindu diperiksa dulu ke dokter mengenai ingatannya, namun disana ia malah kabur dan pergi ke jalanan. surya akhirnya merasa bersalah dan berusaha mencari rindu. di kantornya ia dikenalkan dengan anak perempuan dari presiden di mana tempat ia bekerja yang ternyata perempuan itu, monik, menyukai Surya. Surya diminta untuk membantu proyek perdana monik. surya tidak bisa begitu fokus karena mencari rindu. surya mencari rindu dengan berpatokan pada gambar-gambar yang dibuat rindu hingga ia pun bertemu dengan ibu sarah. mereka berdua pun mencari rindu.
sementara di tempat lain, rindu bertemu dengan andrea, mereka mengamen dan bermain bersama. andrea mengenalkan rindu pada nisan ibu nya. kepolosan anak-anak. suatu malam, rindu mengingat akbar adiknya. besoknya dengan ditemani andrea, rindu pergi ke rumah singgahnya dan bertemu dengan teman-teman lama nya juga bu sarah.
chemistry antara Surya dan Bu Sarah semakin terasa dalam acara syukuran kepulangan rindu. hal tersebut membuat monik kesal. apalagi setelah kejadian itu surya mengizinkan anak-anak rumah singgah untuk bermain di rumahnya.
Proyek perdana Monik yang harus dibantu surya ternyata menggusur rumah singgah dan lingkungan sekitarnya. ini membuat surya bingung apalagi ibu sarah dan rindu meminta bantuan surya untuk tidak menggusur rumah singgah mereka.
namun, penggusuran pun tetap terjadi, monik dengan aparat yang berwenang datang ke tempat rindu untuk mulai mengerjakan proyek. terjadi pertengkaran antara pihak monik dan warga. surya belum terlihat di sana. ia tidak ada.
bu sarah mencoba melobi monik namun hasilnya nihil. tiba-tiba mobil surya datang, surya memperlihatkan surat-surat bahwa royek tersebut tidak resmi. warga terselamatkan^^

dan eng ing akhirnya...surya di angkat menjadi presiden direktur oleh ayahnya monik sebagai tanda kepercayaan dan terima kasih karena menyelamtkan nama perusahaan mereka. surya pun menikah dengan bu sarah^^


Apa yah :

menurut saya film ini sungguh menyentuh meski ceritanya terbilang sangat biasa aja. namun kekuatan tokoh-tokoh nya memukau dan terlihat alami. saaaayaaaaa suuuukkaaaa sekali settings jakarta undecover nya (perumahan kumuh). ternyata di samping bangunan-bangunan angkuh jakarta masih tergambar rumah-rumah sangat sederhana yang tampaknya tidak layak huni. tapi sungguh potret negeri ini yang interesting buat saya. i dont know why^^
pesan yang ditangkap oleh saya ; peduli pada sesama. kebahagiaan seseorang tidak di dapat dari bangganya mendapat gelar dan menampakan kekuasaan kita pada yang lemah justru menyentuh mereka dengan kasih sayang. dan kebahagiaan seorang bujang adalah berumah tangga, hehe

kemarin pas nonton bareng temen ingin sekali saya menangis. namun tidak bisa berderai-derai : tentang negeri kita. dimana yang miskin nyata miskin yang kaya nyata kaya. namun kebenaran dan ketidakbenaran adalah hal abu/samar-samar dan membingungkan. pantaskah seusia mereka berlari-lari di jalanan untuk mengais rupiah. berbeda sekali dengan kehidupan mereka yang kaya dan mampu. kemana yah nurani kita semua??
dan hallo : kepada semua pejuang-pejuang rakyat...masihkah anda pantas meminta ini itu kepada negara?sementara anda pun tentu paham amanah anda masih belum selesai dan mungkin amanah kita semua yang belum selesai.
saya tidak merasa sok suci. sungguh jika salah ; ini salah kita semua dengan keadaan negeri kita sekarang.

Tidak ada komentar: