home

Rabu, 20 April 2011

anak zaman sekarang = anak zaman dulu (??)

pernah gak berpikir tentang perbedaan anak-anak zaman sekarang sama zaman dulu??
zaman dulu yang kalo manggil orang tua dengan emak dan babeh?
zaman sekarang yang kalo manggil orang tua dengan ayah dan bunda?
hehehe

iyah pokoknya kehidupan anak-anak kita (kita??) di zaman sekarang ternyata berbeda dengan kehidupan kita sewaktu anak-anak di zaman dulu. yang pro pasti ngangguk.
siipo jangan kan dengan pembaca yang sekarang umurnya udah 50 tahun-an. abege zaman sekarang dengan zaman saya (yang sekarang masih 19 tahun-an) pun ternyata berbeda. mereka telah berbeda dengan saya dulu sewaktu abege, puber dan bahkan waktu saya masih main hujan-hujanan.terutama kehidupan anak-anak di perkotaan. mereka mungkin sudah melupakan apa itu maen bekel, boy-boy-an, congklak bahkan galah...anak-anak zaman sekarang maenannya game online, fb dan twitter. salah kah?tidak selama tidak salah :DD
menurut beberapa informasi yang mampir bahwa zaman sekarang itu ; yang deket jadi jauh dan yang jauh jadi deket....

oleh karena itu, akan terasa berbeda mengajari anak zaman sekarang dengan zaman dulu, jika dulu menceritakan atau menakut-nakuti anak dengan mitos atau cerita sakral, anak-anak sudah takut maka beda lagi dengan anak-anak di zaman sekarang, tampaknya sudah beberapa dari mereka tidak begitu care tentang mitos atau hal sebangsa nya. dulu, untuk melarang anak-anak keluar rumah magrib hari, bapak ibu tinggal bercerita tentang sangsakala (kelalawar yang suka menculik anak), maka anak-anak tidak berani keluar rumah. apakah itu berefek untuk anak zaman sekarang??jangan kan magrib, malam jam 10 aja masih ada yang nyantei pulang dengan wajah tanpa dosa.

jika dulu untuk mengajari anak-anak mengaji orang tua bisa membawa beberapa lidi untuk membuat anak patuh maka sekarang apa hal itu masih berlaku?dia akan menurut atau melawan?kalau pun menurut, pernah kah bertanya tentang sisi terdalam (psikologi) anak tersebut??

jadi teringat film, i'not stupid, salah seorang guru menegur guru lain yang terasa kolot dalam mengajar, beliau berkata, anak-anak zaman sekarang berbeda dengan anak-anak zaman dulu, untuk menghadapi anak-anak zaman sekarang kita memerlukan kunci. betul, sebuah kunci yang akan menjadi jembatan antara orang tua dan anak. pendidikan orang tua tentang pikologi anak, saya rasa perlu untuk zaman sekarang, kita perlu selangkah lebih pintar daripada anak-anak. kalau tida, orang tua bisa dianggap katro, kolot atau bahkan tidak mengerti anak nya sendiri. masa anak-anak sangat penting sebagai golden age untuk menemukan bakat dan minat anak yang akan membuatnya sukses di masa depan dan anak remaja, mereka adalah, anak-anak yang sok kuat dan pemberani namun labil menjalani hidup. dulu pun, rasanya kita pernah merasakan menjadi seorang remaja. merasa labil dan tidak tentu arah walau begitu kita pun ingin terlihat mandiri.

maka karena anak-anak pada hari ini akan menjadi pemimpin di masa depan, mari kita selamatkan mereka :))

Tidak ada komentar: