home

Minggu, 10 April 2011

facebook itu....

tulisan saya kali ini merupakan rebuilt( bahasa konstruksi) dari postingan kemarin. yang kemarin berasa aliran keras :DDD

oke let's talking about facebook. facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang masih banyak penggemart nya. facebook didirikan pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa harvard. pamor dari jejaring sosial ini menurut saya merupakan salah satu penyebab runtuhnya dinasti friendster (ya sekarnag gak begitu ngetrend lagi) dan entah kapan ending dari facebook ini...belum terjawab. sempat saya mendengar desas-desus bahwa maret fb akan di hapus toh ternyata sampai sekarang masih eksis.

facebook merupakan salah satu sarana aktualisasi diri seseorang. dengan ada nya facebook, seseorang bisa menuangkan apa yang dipikirkannya, bagaimana aktivitas pribadi nya, minat dan story of life. pembahasan saya kali ini gak akan jauh-jauh dari fb as story of life. kenapa bisa begitu?let's cekidot :

seseorang pernah menuangkan apa yang sedang dipikirkan dan yang dilakukannya di facebook sehingga sangat mudah menebak bagaimana kehidupan dari si empunya akun fb tersebut. dari apa yang dipikirkan dan dilakukannya, ia mengunggahnya dalam bentuk status, catatan dan foto. dalam status, misal seseorang pernah menuangkan kapan ia kecewa, kenapa ia sedih, ia patah hati, jatuh cinta lagi dan menikah.....that's what i mind...bahwa fb adalah sejarah kehidupan seseorang. saya pernah menelusuri beberapa akun fb teman saya sampai tamat, kira-kira saya menghabiskan waktu 2 jam-an (fokus) untuk menelisik akun fb teman saya tersebut dan memang benar saya bisa melihat apa yang sebelum nya tidak pernah saya tahu. saya tahu dulu dia pernah menyukai siapa dan melakukan apa...it's entertaining!!!kita belajar untuk menghargai bagaimana seseorang dengan kehidupannya. terkadang apa yang dia katakan pada kita itu hanya sebagian saja dan kita bisa melihat sisi lain nya pada aspek-aspek lain yang dia miliki. selain dari status, bisa juga melihat dari catatan dan foto. kita bisa mengetahui langsung apa yang dia pikirkan lumayan detail dengan menggunakan catatan yang ditulisnya, seperti saya, saya beberapa kali pernah menuliskan hal-hal yang saya alami dalam hidup di situs jejaring sosial tersebut, alasannya tidak jauh dari eksis. foto adalah media yang mungkin bisa dibilang lebih asli dari status dan catatan karena pengambilan gambarnya memerlukan ke asli-an...meski ada teknologi untuk mengedit namun biasanya untuk hal-hal tertentu tidak menggunakan efek editan tinggi yang mengubah makna foto tersebut. kita bisa menganalisis seseorang dengan masa lalu nya dari banyak nya album yang mereka simpan.

itulah facebook, menyimpan jutaan kisah tentang satu orang manusia ; menarik!

Tidak ada komentar: