home

Senin, 11 April 2011

senyum mu itu :)

adakah orang di dunia ini yang tidak pernah tersenyum????wah sungguh terlalu!!!

senyum adalah salah satu jembatan antara dua orang. senyum merupakan usapan lembut yang membuat si penerima merasa diterima dan dihargai. senyum adalah ibadah :))
banyak yang tak sadar bahwa satu senyum an saja sangat berarti. satu saja. orang-orang yang biasanya sangat mahal untuk tersenyum mungkin menganggap bahwa senyuman adalah sebuah gesture yang tak memberi makna atau keuntungan. padahal salah besar!!!!besar!!setiap perjumpaan yang diawali senyuman lebih menghangatkan dari pada sapaan datar. sebuah senyuman lebih membuat kita merasa diterima daripada wajah kecut atau masam. sayang seribu sayang masih belum ada yang memahami hal tersebut.

sebuah senyuman bagian dari bahasa nonverbal yang ditunjukan manusia. ia memiliki banyak arti diantaranya yang telah saya sebutkan tadi. dalam ranah konseling, senyuman sangat diperlukan bahkan diawal perjumpaan. ketika seorang guru BK mendengar bunyi pintu diketuk, maka ia berdiri menghampiri pintu, membuka nya dan tersenyum jika mendapati seseorang dengan wajah seperti apapun di depan pintu nya. hal tersebut sangat mengena bagi seseorang itu, ia merasa bahwa kehadirannya disana diterima dengan hangat dan ia bukan menjadi pengganggu. hanya dengan sebuah senyuman saja, orang tersebut akan mampu menceritakan masalah nya, tanpa perlu banyak kata-kata membusa bahkan membeo pun, dia pasti senang. tak hanya dalam ranah konseling, bidang lain yang sangat memerlukan kelihaian dalam tersenyum pun, bisnis, very important i think. pernah saya berkunjung ke sebuah toko yang shopkeeper nya terlihat jutek, heuh saya pada saat itu rasanya tidak ingin berlama-lama, jadi merasa segan. apa yang terjadi???biasanya, saya tidak akan mau ke toko itu lagi bahkan parahnya bisa merekomendasikan teman untuk tidak ke toko itu. parah yah?padahal hanya dari sebuah sapaan dingin. coba kalau seorang shopkeeper itu menerima tamu nya dengan senyuman saja. tamu akan nyaman dan setidaknya memunculkan kesan positif terhadap toko tersebut. hal sepele yang punya efek besar.


oleh karena itu, berikan senyum mu pada siapapun yang kamu temui, izinkan mereka merasakan bahwa keberadaan mereka dihargai dan diterima :))

Tidak ada komentar: